Diskominfo Intan Jaya Sedang Benahi Saluran Jaringan Telekomunikasi

kegiatan
Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian sedang berupaya membenahi sejumlah kendala yang berkaitan dengan jaringan telekomunikasi di Sugapa.

Pemerintah kabupaten Intan Jaya melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian sedang berupaya membenahi sejumlah kendala yang berkaitan dengan jaringan telekomunikasi di Sugapa.

Hal ini dikemukakan Maryanto, M.Si, kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian kabupaten Intan Jaya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (29/3/2023).

Menurut Maryanto, sesuai arahan dan perintah penjabat bupati Intan Jaya, Apolos Bagau, ST, pihaknya sedang berupaya untuk melakukan pembenahan secara khusus untuk jaringan telekomunikasi.

kadis

 

Disebutkan sejumlah upaya yang sedang dibenahi, antara lain melakukan pembersihan Power Suplay (Panel Solar Sel) di Tower, melakukan komunikasi dengan Manager Network Telkomsel Area Jayapura, melakukan komunikasi dengan Manager Brand Telkomsel tentang layanan yang ada, serta melakukan komunikasi dengan General Manager Telkomsel Maluku Papua.

“Kami melakukan komunikasi dengan petinggi Telkomsel Area Jayapura maupun General Manager Maluku Papua dalam rangka menaikkan kapasitas bandwith dari yang ada saat ini supaya semakin baik. Kami bersyukur karena saat ini masyarakat bisa beli paket internet di Sugapa,” jelasnya.

Maryanto mengatakan, pembenahan pada jaringan telekomunikasi terus dilakukan karena selama ini jaringan telekomunikasi menyala tidak teratur.

“Salah satu perubahan yang bisa kami rasakan saat ini adalah sejak tanggal 18 kami melakukan pembersihan di areal tower untuk membersihkan power suplay. Setelah itu, saya koordinasi dengan pihak Telkomsel, sehingga saat ini jaringan Telkomsel bisa menyala 24 jam,” urainya.

Kata Maryanto, sebelumnya, salah satu penyebab jaringan telekomunikasi tidak menyala secara teratur adalah karena tidak ada koordinasi dengan pihak Telkomsel.

“Saat kami melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak Telkomsel, ternyata Manager Network Telkomsel mengaku selama ini belum ada koordinasi dan komunikasi yang baik antara pemerintah daerah dengan pihak Telkomsel. Oleh karena itu, kami berharap agar upaya-upaya yang sedang kami lakukan ini dapat berjalan baik dan bermanfaat untuk masyarakat di Intan Jaya,” kata Maryanto.

Sementara itu, Apolos Bagau, Pj Bupati Kabupaten Intan Jaya, mengatakan, salah satu komitmen pemerintah daerah adalah melakukan peningkatan dan pemerataan telekomunikasi.

“Kami berkomitmen untuk membenahi sejumlah kendala dalam bidang Telekomunikasi. Secara teknis bagian yang akan ditangani oleh Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian. Sehingga kedepan kami berharap supaya ada peningkatan dan pemerataan telekomunikasi agar dapat memberikan manfaat yang positif kepada masyarakat di kabupaten Intan Jaya,” jelas Apolos.

Pj Bupati Intan Jaya menyarankan dinas teknis dapat bekerja keras untuk peningkatan dan pemerataan telekomunikasi.

Selain itu, ia juga berharap dukungan dari seluruh lapisan masyarakat di kabupaten Intan Jaya dalam rangka membangun daerah di semua bidang pembangunan dam pelayanan publik.

Scroll to Top