Tips Wisata ke Raja Ampat, Papua Indonesia

Tips Wisata ke Raja Ampat: Dengan hijau dan biru sejauh mata memandang, pantai-pantai sepi dan ekosistem bawah laut, itu memang membuat senang para perenang snorkel dan penyelam scuba. Termasuk yang paling berpengalaman. Kepulauan Raja Ampat adalah pulau tujuan liburan klasik Indonesia.

Ada banyak cara untuk menjelajahi surga terpencil ini. Sebuah jaminan untuk Anda, yaitu, perjalanan yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Terletak di wilayah Papua yang luas, Indonesia, Raja Ampat adalah destinasi wisata dengan daya tarik alami yang kuat. Di atas dan di bawah lautan yang berkilauan, 1.500 wilayah di kepulauan ini, penuh dengan kehidupan.

Burung cendrawasih melayang dan melayang melewati kanopi hutan yang rimbun. 75 persen spesies karang yang dikenal di dunia, berbaur di bawah gelombang.

Besarnya kepulauan ini, sangat menakjubkan dan keindahannya yang begitu memukau, tetapi, ketika tujuan liburan Anda ke wisata Raja Ampat Papua ini, maka tips berikut ini, mungkin berguna bagi Anda.

Persiapkan diri Anda. Tentang bagaimana nanti mengikuti rute cukup menantang. Menjadi penumpang di bus lokal, pikirkan untuk berada di perahu; untuk jalan-jalan. Anda akan membutuhkan snorkel dan teropong, bukan hanya kacamata hitam, saja :).

Tapi jangan takut. Panduan perjalanan ini berisi semua yang perlu Anda ketahui, untuk membuat masa tinggal Anda di Raja Ampat menjadi perjalanan yang menyenangkan.

Bagaimana menuju tempat Wisata Raja Ampat?

Wisata Raja Ampat

Pertama, Anda harus terbang ke Sorong, pusat dari sebagian besar rencana perjalanan Raja Ampat. Maskapai Garuda Indonesia dan Sriwijaya, memiliki penerbangan harian dari Jakarta ke Sorong, meskipun beberapa rute mungkin mengharuskan Anda ikut transit.

Anda memerlukan izin untuk mengunjungi Raja Ampat. Dan Anda dapat mengurusnya di Pusat Informasi Pariwisata di Sorong, atau di tempat-tempat yang ditunjuk di bandara dan pelabuhan.

Biasanya, jika Anda mendaftar untuk tur yang terorganisir, operator mengurus izin untuk Anda. Tetapi tidak ada salahnya untuk memeriksa.

Dari bandara Domine Eduard Osok, pergilah ke pelabuhan dan naik perahu umum ke pulau Waigeo.

Bagaimana cara berkeliling nusantara

Dari Sorong dan seterusnya, perjalanan Anda kemungkinan besar akan melibatkan perahu. Di pelabuhan, Anda akan melihat perahu dengan harga bervariasi dan kapasitas yang tersedia untuk disewa. Bepergian sendirian akan selalu lebih mahal, daripada bergabung dengan tur grup terorganisir, meskipun itu memang membawa keuntungan tersendiri.

Jika Anda memiliki uang lebih, kapal liveaboard adalah pilihan yang mewah dan praktis, memberi Anda transportasi dan akomodasi cepat.

Selalu tanyakan tentang pengaturan transportasi, ketika memesan akomodasi, terutama jika Anda tidak bepergian dengan agen wisata.

Tempat tinggal di Raja Ampat

Ada beberapa resor mewah di Raja Ampat. Tentu saja layak dikunjungi.

Memilih homestay yang sederhana atau beberapa malam di gubuk tradisional, itu akan memberi Anda sekilas kehidupan Papua.

Ada juga beberapa pulau berpenghuni di mana berkemah diizinkan – pastikan untuk mendapatkan izin dari masyarakat setempat, yang dapat Anda peroleh, mungkin dengan sedikit mengeluarkan biaya. Dan selalu ada opsi liveaboard, yang akan membawa Anda kearena menyelam paling eksotis.

Apa yang harus disiapkan saat ke Raja Ampat Papua?

Selain hal-hal penting liburan yang biasa – lotion berjemur, pakaian renang, topi, sandal, kacamata hitam – perlu Anda persiapkan beberapa sepatu khusus untuk berjalan yang nyaman. Dan jangan lupa anti nyamuk ke dalam tas Anda. Risiko tertular malaria tidak tinggi, tetapi itu memungkinkan, jadi kenakan pakaian lengan panjang yang ringan di malam hari. Dan jika mungkin, tidur di bawah kelambu di malam hari – ini biasanya ada di homestay.

Jika Anda dari luar Indonesia, pastikan Anda memiliki semua dokumen hukum – paspor, visa, bukti tiket pulang, polis asuransi, sertifikasi selam – ada bersama Anda, dan jaga agar tahan air.

Banyak resor menerima pembayaran kartu kredit, tetapi pastikan Anda memiliki uang tunai dalam bentuk rupiah untuk hal-hal seperti, makanan saat bepergian dan tip.

Ingatlah untuk menarik atau menukar uang di Sorong, karena ATM dan penukaran uang mungkin langka di pulau-pulau yang lebih terpencil.

Jika Anda memilikinya, bawalah perlengkapan selam Anda sendiri, terutama hal-hal seperti peluit pengaman dan tali pengikat.

Kantong kering atau kantong kedap air untuk perangkat elektronik, adalah salah satu yang harus dimiliki Raja Ampat.

Juga disarankan untuk memiliki sepasang teropong – mengamati burung adalah kegiatan di kepulauan yang memberi nuasan tersendiri.

Jika Anda akan membawa perlengkapan mandi sendiri, di antaranya shampo kering mungkin merupakan kebutuhan, pastikan itu ramah lingkungan. Rumah sakit di Raja Ampat ada, namun, pastikan untuk membawa cukup obat apa pun, yang Anda butuhkan selama perjalanan Anda.

Pergi ke mana di Raja Ampat

Trek di Pianemo

Dengan formasi batuan berbalut hutan yang tersebar di perairan pirus, Pianemo adalah Raja Ampat dalam bentuk mini. Di seluruh nusantara, Anda dapat menemukan pemandangan hijau dan biru yang luas, tetapi hanya sedikit yang bisa dibandingkan dengan yang ada di Pianemo. Untuk yang terbaik dari yang terbaik, ikuti rute yang mengarah ke titik pandang di pulau utama.

Alami budaya lokal di Arborek

Tidak jauh dari pelabuhan Waigeo, Arborek adalah sebuah desa panggung di mana Anda dapat mengharapkan sambutan hangat dari penduduk setempat, yang melibatkan tarian, nyanyian, dan pesta makanan tradisional.

Garis pantainya terkenal dengan pantainya yang belum terjamah dan tempat-tempat snorkeling. Jangan pergi tanpa membeli topi atau noken (tali tas) buatan lokal.

Berkayak di sekitar Teluk Kabui

Pantai berpasir putih dan formasi karst yang dramatis membagi tumbuh-tumbuhan hijau tropis dan lautan yang berkilauan di sudut Pulau Gam ini. Berperahu kayak adalah kegiatan populer di teluk, pertemuan yang menjanjikan dengan ikan eksotis, burung cendrawasih dan, jika Anda beruntung, lumba-lumba. Daerah ini juga merupakan rumah bagi Goa Tengkorak, sebuah gua yang berisi kerangka-kerangka penduduk kuno pulau itu.

Menyelam di Manta Sandy

Skuadron manta berkeliaran di perairan Manta Sandy, daerah yang popularitasnya meningkat berarti penyelaman kini diatur. Hanya sekitar dua puluh penyelam diizinkan masuk ke dalam air pada suatu waktu, yang, meskipun membutuhkan sedikit lebih banyak perencanaan dan penantian, menjadikan pengalaman yang jauh lebih intim pada alam.

Menyelam lebih dalam di Mike’s Point

Ini adalah spot penyelam untuk yang lebih berpengalaman. Selama Perang Dunia II, Angkatan Udara AS terus menggempur Mike’s Point dengan kapal Jepang, membomnya berulang kali. Potongan dan gua yang dihasilkan sekarang, membentuk lanskap bawah laut yang unik. Yang merupakan rumah bagi ratusan spesies laut. Hiu whitetip, kura-kura dan ular laut adalah beberapa makhluk yang menghuni taman karang yang berwarna-warni ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *