POTENSI UNGGULAN

Daerah ini sebenarnya memiliki sejumlah potensi unggulan yang dapat dikembangkan, dan bermanfaat bagi peningkatan pendapatan masyarakat. Tapi, semua itu masih membutukan sentuhan pembangunan agar daya gunanya segera dapat dinikmati masyarakat. Adapun berbagi potensi itu meluputi:

PERTANIAN DAN PERKEBUNAN

Produksi pertanian dan perkebunan yang menonjol dan berpotensi untuk dipasarkan di pasar domestik dan luar negeri adalah sayuran organik dan Kopi Arabika. Proses tanamnya sama sekali tidak menggunakan pupuk kimia ataupun obat-obatan kimia lainnya. Sejauh ini, sayur organik dan kopi arabika hasil produksi petani Intan Jaya ditampung oleh koperasi Moni Power, dan disalurkan ke supermarket di Timika. Jumlah produksinya sekitar 4-5 ton/minggu. Sayuran dimaksud terdiri dari kol, sawi, wortel, kentang, buncis. Dan satu lagi yang istimewa, yaitu buah markisa. Rasanya sangat manis, tak seperti markisa hasil produksi daerah lainnya yang rasanya cenderung masam. Selain itu, lahan di kabupaten Intan Jaya, khususnya di Agisiga dan Biandoga sangat cocok untuk dikembangkan kebun sawit, dan buah merah. Dan sejauh ini, sudah ada enam pengusaha kelapa sawit yang tertarik, dan sedang mengurus surat perijinannya.

PETERNAKAN

Di sub sektor peternakan, daerah ini sangat potensial dikembangkan ternak babi karena aktifitas beternak babi sudah menjadi tradisi masyarakat, bahkan menjadi simbol status seseorang. Semakin banyak memiliki babi, semakin tinggi status sosial seseorang. Selain itu, harga babi di Kabupaten Intan jaya bisa mencapai Rp30 juta/ekor. Harga itu jauh lebih mahal dibandingkan harga sapi di Jawa.

PERTAMBANGAN

Wilayah Kabupaten Intan Jaya disebut-sebut sebagai daerah dengan potensi tambang emas yang sangat besar. Tidak heran , jika sejak awal kontrak karya PT. Freeport, sebagian wilayah Intan Jaya dimasukkan ke dalam Blok B wilayah pertambangan PT. Freeport. Wilayah yang tercakup dalam Blok B adalah distrik Sugapa, sebagian distrik Homeyo dan sebagian distrik Agisiga. Di wilayah tersebut sudah dilakukan eksplorasi oleh PT. Mineserve Indonesia (Anak perusahaan PT. Freeport yang saat ini sudah berganti nama menjadi PT. Eksplorasi Nusa Jaya) selama 9 tahun, tepatnya sejak tahun 1990. Selain PT. Freeport, beberapa perusahaan lain juga telah melakukan eksplorasi. Diantaranya : - PT. Wabu bekerjasama dengan investor Amerika - PT. Mutiara Hitam (sudah menyerahkan hasil survey ke Distamben) bekerjasama dengan investor China - PT. Garmen Indonesia, bekerjasama dengan investor China

Namun demikian, pasca eksplorasi tersebut, belum ada informasi rencana tindak lanjut dari perusahaan tersebut. Hingga akhir tahun 2015, belum ada aktivitas eksploitasi pertambangan yang berlangsung di Kabupaten Intan Jaya.

ENERGI MIKROHIDRO

Dari hasil survey yang dilakukan oleh konsultan, potensi mikrohidro ditemukan di Wabu (Distrik Sugapa), Tigabu (hulu sungai Wabu) dan Kemabu Pogapa ( Distrik Homeyo), dan Mbugulo (Distrik Wandai) Di lokasi Wabu, Mikrohidro Wabu direncanakan dapat mengaliri 3 distrik, yakni Sugapa, Homeyo dan Hitadipa.

PARIWISATA

Siapa tak kenal Puncak Karstenz yang dikelilingi salju abadi. Nama Carstens sepertinya sudah melegenda dan mendunia, serta menjadi surga impian bagi para pendaki gunung. Sudah banyak wisatawan asing yang menapak di Puncak Carstensz, dan merasakan kepuasan tersendiri karena tingkat kesulitan dan resiko untuk mencapai Puncak itu tergolong sangat tinggi. Karena itu pula, pemerintah pusat telah menetapkan Carstensz sebagai daerah tujuan wisata, dan Kabupaten Intan jaya ditetapkan sebagai pengelola dan pemilik kawasan wisata tersebut. Dan faktanya, Puncak carstensz paling dekat ditempuh dari Kabupaten Intan Jaya dengan memakan waktu perjalanan selama seminggu berjalan kaki.

Selain itu masih ada satu keunikan, yaitu pembuatan garam tradisional dari air gunung di beberapa wilayah, yaitu di Distrik Wandai dan Hitadipa. Pembuatan garam tersebut sudah berlangsung secara turun temurun, dan dulunya, banyak warga dari kabupaten lain di wilayah pegunungan yang membeli (barter) garam dari wilayah tersebut. (**)

.

One thought on “POTENSI UNGGULAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *