BERITA TERKAIT

VISI DAN MISI

“TERWUJUDNYA MASYARAKAT INTAN JAYA YANG PINTAR, SEHAT DAN

SEJAHTERA, LANJUTKAN”

Rumusan visi tersebut menjadi basis konseptual dalam penyusunan misi Kabupaten Intan Jaya. Visi yang telah disusun mengandung ide gagasan pembangunan jangka menengah, yang ingin dicapai dengan memperhatikan permasalahan pembangunan dan isu strategis daerah. Adapun ide gagasan atau konsep yang terkandung dalam visi Bupati terpilih adalah sebagai berikut:

  1. Pintar adalah sebuah kondisi yang ditandai dengan berkembangnya tingkat pendidikan masyarakat Kabupaten Intan Jaya,ke arah yang semakin baik. Kondisi ini diukur dengan meningkatnya angka partisipasi sekolah jenjang pendidikan dasar sembilan tahun; meningkatnya angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah. Berbagai kondisi tersebut dapat dicapai dengan peningkatan fasilitas pendidikan dasar yang terjangkau dan merata serta pengembangan kualitas tenaga pendidik yang memiliki disiplin dan komitmen kuat. Berkembangnya tingkat pendidikan masyarakat menjadi fondasi bagi pengembangan inklusifitas pertumbuhan ekonomi yang ditandai dengan sebuah kondisi dimana masyarakat mampu mengolah dan memanfaatkan potensi lokal secara mandiri dan berkelanjutan. Mandiri adalah sebuah kondisi dimana masyarakat Kabupaten Intan Jaya memiliki daya tawar yang baik dan mampu berkerjasama dengan berbagai pihak berdasarkan nilai-nilai adat dan nilai-nilai universal untuk mencapai kesejahteraan. Berkelanjutan berarti bahwa pembangunan harus memperhatikan aspek sosial dan lingkungan tanpa mengesampingkan tujuan pengembangan ekonomi sebagai basis pencapaian kesejahteraan.
  2. Sehat merujuk pada suatu kondisi dimana derajat kesehatan masyarakat terjaga dengan baik sesuai dengan standar sistem kesehatan nasional. Kondisi ini ditandai dengan meningkatnya angka harapan hidup (AHH) yang dicapai dengan menurunnya angka kesakitan terhadap penyakit menular dan tidak menular serta penyakit degeneratif lansia. Derajat kesehatan masyarakat juga ditandai dengan meningkatnya kualitas kesehatan ibu dan bayi yang diukur dengan berkurangnya angka kematian ibu, angka kematian bayi dan angka kematian balita. Ada berbagai standar lain yang juga harus dicapai seperti meningkatnya status gizi masyarakat dan partisipasi masyarakat dalam pengembangan keluarga berencana. Berbagai kondisi tersebut harus dicapai dengan akses masyarakat yang baik terhadap fasilitas pelayanan kesehatan yang terjangkau dan merata di berbagai distrik.
  3. Sejahtera adalah wujud dari kondisi kehidupan masyarakat Kabupaten Intan Jaya yang semakin membaik dari sisi ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial sesuai standar yang berlaku. Kesejahteraan masyarakat dari sisi ekonomi ditandai dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita masyarakat, dari sisi pendidikan dinilai dengan meningkatnya rata-rata lama sekolah dan berbagai indikator lainnya, sedangkan dari sisi kesehatan ditandai dengan meningkatnya derajat kesehatan masyarakat yang dinilai dengan meningkatnya angka harapan hidup. Berbagai indikator tersebut mempengaruhi indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Intan Jaya yang menjadi tolok ukur utama atas kesejahteraan masyarakat.
  4. Lanjutkan merupakan ide gagasan yang sebenarnya tidak merujuk pada bidang urusan pembangunan tertentu, melainkan sebagai slogan yang merujuk pada upaya untuk menjaga kontinuitas pelaksanaan misi pembangunan dari RPJMD Tahun 2013-2017 ke periode RPJMD selanjutnya (tahun 2017-2022). Berbasis penjelasan tersebut, maka kata “lanjutkan” lebih mengarah pada periodesasi waktu untuk menjaga konsistensi perencanaan pembangunan agar tetap berada pada jalur yang telah ditetapkan, dengan tetap memperhatikan dinamisasi perkembangan lingkungan strategis Kabupaten Intan Jaya.

© 2020 - Pemerintah Kabupaten Intan Jaya Dibangun Oleh Tim IT Kominfo